web analytics

4 Alasan Kenapa Popcorn Cocok Jadi Rekomendasi Camilan Sehat Saat Diet

Apakah kamu sedang menjalani program diet, lalu takut bila memakan camilan karena bisa merusaknya? Kalau begitu, cobalah untuk memilih popcorn sebagai makanan camilan sehat selama diet, karena popcorn diketahui mengandung banyak serat dan antioksidan, bahkan dapat melawan kanker.

Nah, berikut ini ada beberapa alasan mengapa popcorn cocok dijadikan camilan saat diet.

Kaya Polifenol
Menurut analisis pada 2019 dalam jurnal Antioksidan, popcorn kaya akan polifenol yakni senyawa yang ditemukan pada tanaman yang bertindak sebagai antioksidan dan mengurangi peradangan. Dikutip dari The Healthy, polifenol sangat mudah dilarutkan dalam buah-buahan dan sayuran karena mengandung 90 persen air.

Namun popcorn terdiri sekitar 4 persen air, sehingga kandungan polifenol di dalamnya lebih bisa terjaga dan cocok dijadikan camilan saat diet.

Ramah Diabetes
Popcorn merupakan camilan yang ramah diabetes jika tidak ditambah dengan topping atau rasa lain, bahkan disebut lebih sehat dibanding roti putih. Popcorn juga termasuk makanan yang memiliki serat tinggi, tidak mengandung banyak karbohidrat, sehingga dapat memperlambat laju pencernaan dan lebih rendah mengalami kenaikan gula darah.

Menurunkan Berat Badan
Popcorn mengandung serat yang tinggi, rendah kalori, dan memiliki kepadatan energi yang rendah, semua itu merupakan ciri dari makanan yang ramah untuk menurunkan berat badan. Dalam secangkir popcorn terdapat 31 kalori yang jauh lebih sedikit daripada camilan lain.

Mengutip laman Healthline, ada sebuah studi yang membandingkan perasaan kenyang setelah makan popcorn dan keripik kentang. Mereka menemukan bahwa 15 kalori popcorn sama kenyangnya dengan 150 kalori kerupuk kentang.

Dengan kelebihan-kelebihan tersebut, popcorn bisa dijadikan camilan sehat dan bisa menurunkan berat badan yang cocok dikonsumsi ketika kamu sedang menjalani program diet.

Bisa untuk Mencegah Penyakit
Popcorn memiliki banyak manfaat untuk tubuh, di antaranya dapat menghilangkan radikal bebas, polifenol dapat mengurangi peradangan pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi darah, dan menurunkan tekanan darah. Hal tersebut dapat mengurangi risiko aterosklerosis (penyakit arteri) dan penyakit jantung.

Mengutip laman Very Well Fit, polifenol alami yang meliputi flavonoid, asam fenolik, lignan, dan stilbenes, juga berkaitan dengan pengurangan risiko kanker.

Itulah beberapa manfaat yang didapat jika kamu mengonsumsi popcorn sebagai camilan. Tetapi kamu harus ingat Beauties, bahwa popcorn yang dimakan harus berasa original atau tanpa tambahan penyedap rasa dan tidak ditambah topping lain, serta dalam porsi yang wajar.

beautynesia.id

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja