web analytics

Hindari Menunda Waktu Tidur, Ikuti 7 Tips dari Para Ahli

Biasanya, orang-orang yang memiliki kesibukan di siang hari seperti bekerja atau mengurus anak akan merasa kekurangan waktu untuk sekedar nonton TV, atau yang bisa disebut juga dengan me time. Dengan begitu, mereka akan melakukannya saat waktu senggang seperti misalnya di malam hari menjelang tidur, saat seluruh pekerjaan kantor dan rumah usai.

Kebiasaan seperti inilah yang dianggap para ahli merupakan sesuatu yang buruk dengan sebutan ‘penundaan waktu tidur’. Jika terus dilakukan, hal ini diprediksi dapat mengganggu jam tidur, dan malah akan meningkatkan stres saat bangun esok harinya.

Untuk menyadari apakah Anda termasuk dalam kelompok penunda waktu tidur, ada beberapa hal yang bisa dipikirkan untuk disadari. Misalnya, Anda tidak bisa berhenti untuk menonton TV atau bermain gawai di malam hari, atau Anda sudah tidak memiliki alasan lain untuk tetap bangun, tapi masih belum ingin tidur.

Jika Anda ingin menghentikan kebiasaan ini, ada 7cara yang disampaikan oleh Shelby Harris yang merupakan seorang psikolog, dan juga pakar tidur serta seorang psikiater dan spesialis tidur, Nishi Bopal, seperti dilansir dari laman Mind Body Green.

1. Hentikan kebiasaan tersebut dengan sengaja

Para pakar merekomendasikan kamu untuk menghentikan kebiasaan menunda waktu tidur dengan sengaja. “Ingatkan diri Anda mengapa kamu ingin tidur dalam waktu yang lama dan memikirkan apabila tidur akan menjadi sebuah prioritas dan dapat membantu memperbaiki kehidupan sehari-hari,” kata Harris.

2. Cobalah minum suplemen tidur

Pertimbangkan untuk minum suplemen tidur agar bisa dengan lebih mudah terlelap. Tenangkan pikiran dan lakukanlah hal-hal yang dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks.

3. Beri diri Anda banyak waktu untuk bersantai

Anda bisa menyiapkan setidaknya 30 hingga 60 menit sebelum tidur untuk mematikan lampu dan memikirkan apa saja yang terjadi pada hari ini, dan apa yang menjadi solusi dari masalah yang baru saja terjadi. Pusatkan pikiran kepada hal-hal tersebut, hindari gangguan apapun termasuk penggunaan gawai.

4. Matikan fitur “auto play”Shelby Harris merekomendasikan untuk mematikan fitur “putar otomatis” di situs streaming, sehingga acara favorit terbaru Anda tidak akan terus diputar hingga malam.

5. Jadikan hari-hari Andalebih menyenangkan

Biasanya orang akan menunda waktu tidurnya karena ingin merasakan kebebasan pada malam hari yang kurang ia rasakan saat beraktivitas di siang hari. Salah satu ahli mengatakan, Andabisa memikirkan soal apa saja yang bisa membuat kamu senang dan pikirkan sumbernya dan bagaimana mendapatkannya di siang hari.

6. Atur pengingat waktu pada gawai

Sebagian besar gawai saat ini memiliki pengaturan untuk waktu tidur. Harris mengatakan hal ini perlu dilakukan agar Anda tahu mana waktu yang tepat untuk bersantai dan kapan waktu yang tepat untuk bekerja.

6. Minta bantuan teman atau keluarga

Dukungan dari orang terdekat memang menjadi hal yang paling penting. Anda bisa meminta bantuan dari mereka untuk mengingatkan Anda untuk tidur. Akan menjadi lebih baik apabila memiliki teman yang juga sering menunda waktu tidur. Kalian akan merasa seperti saling berkompetisi untuk memenangkan sebuah pertandingan.

Tempo.co
Photo by The Creative Exchange on Unsplash

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja