web analytics

Kreasi Masakan Ini untuk Anak yang Susah Makan Sayur

Sayur adalah salah satu komponen penting yang wajib kita konsumsi untuk menjaga kesehatan, sayur juga termasuk ke dalam makanan 4 sehat 5 sempurna. Pentingnya mengonsumsi sayur bukan hanya untuk orang dewasa, namun juga anak anak.

Namun masalah yang serig ditemui orang tua adalah saat anaknya tidak suka makan sayur, untuk itu diperlukan inovasi olahan agar anak tetap makan sayur meski tidak mereka sadari.

Berikut ini adalah 4 olahan yang digemari anak-anak yang bisa dimasukkan sayur di dalamnya:

1. Jamur Crispy

Makanan satu ini merupakan salah satu favorit anak-anak karena teksturnya yang krispi dan rasanya yang gurih. Mengutip dari laman Doktersehat, jamur tiram mengandung banyak nutrisi yang baik untuk anak, diantaranya serat, protein, zat besi, vitamin, D,B6,B, dan C.

Kandungan beta glukan dan antioksidannya berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah radikal bebas. Jamur crispy dapat menjadi referensi untuk menu makan si kecil yang sehat dan bergizi.

2. Nugget

Nugget adalah salah satu olahan daging ayam. Pembuatannya mudah yakni dengan yang menyincang halus daging ayam lalu dicampur dengan tepung terigu dan bumbu-bumbu, kemudian dikukus, dipotong-potong, dan digoreng dengan baluran telur serta tepung panir. Makanan ini juga sangat digemari anak-anak.

Meskipun bahan dasarnya menggunakan daging ayam, namun kita juga bisa mencampurkan berbagai jenis sayuran dengan cara menghaluskannya terlebih dahulu. Sayuran tersebut misalnya wortel, kentang, dan jagung.

3. Lumpia

Lumpia adalah salah satu jenis gorengan yang disukai oleh banyak kalangan termasuk anak-anak, lumpia terdiri dari adonan tepung pipih yang berfungsi sebagai kulit dengan isian yang dapat dikreasikan sesuai selera.

Untuk anak-anak, kita dapat mencampurkan isian sayuran ke dalamnya, misalnya brokoli, buncis, wortel, rebung, dan lain-lain yang dihaluskan bersama daging ayam. Isian tersebut kemudian dibumbui dan dimasukkan ke dalam kulit lumpia.

4. Siomay

Siapa yang tidak suka dengan makanan yang satu ini? Bahkan jajanan satu ini menjadi langganan anak-anak saat di sekolah. Siomay juga dapat dijadikan referensi untuk camilan yang enak dan sehat, sama seperti makanan sebelumnya, kita dapat mencampurkan berbagai sayuran halus ke dalam isian siomay.

Itulah 4 olahan yang bisa dijadikan referensi untuk lauk anak yang tidak suka makan sayur, bagaimanapun anak-anak yang sedang mengalami fase pertumbuhan sangat memerlukan gizi terutama dari sayuran.

Sumber

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja